Upaya Tingkatkan Kualitas, DPMD Banten Gelar Fasilitasi Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2021

Upaya Tingkatkan Kualitas, DPMD Banten Gelar Fasilitasi Pembangunan Kawasan Perdesaan Tahun 2021

PANDEGLANG, - Dalam rangka upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas Pelayan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa melalui pendekatan Pembangunan partisipatif. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Penyelenggaraan fasilitasi pembangunan kawasan perdesaan tahun anggaran 2021 angkatan pertama dan kedua.

Kegiatannya tersebut berlangsung di aula kantor Desa Mandalawangi kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (26/10/2021).

Kadis DPMD Provinsi Banten, Dr, Dra. Enong Suhaeti, M. Si dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan kegiatan tersebut sebelumnya di kecamatan Kaduhejo.

"Iya, hari ini kami dari dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) provinsi Banten bersama dengan dinas terkait dan para pendamping desa untuk melaksanakan kegiatan percepatan pembangunan dan kualitas pelayanan, " ujar Kadis DPMD Provinsi Banten.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, pelayanan dan pembangunan dapat berjalan sesuai harapan.

"Tentu saja kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini secara keseluruhan dapat berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan rencana pada program pembangunan desa, " tegas Enong.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis DPMD Provinsi Banten, DPMPD Kabupaten Pandeglang, Sekdis DPMPD Kabupaten Pandeglang dan Sekdis DPMD Provinsi Banten, Camat Mandalawangi, para PJ Kepala Desa, Satker, TAMP, PDP, PLD, BPD, PKK, BKAD, LPM, Karang Taruna dan BUMDes. 

Sementara itu Arif Priyadi, SE selaku Kasubag PEP dan Keuangan dalam pemaparannya, menguraikan bahwa terkait dengan sinkronisasi dan sinergitas Program dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

"Rapat Sinkronisasi dan Sinergitas Program dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemerintahan Daerah, urusan pemerintahan bidang pemberdayaan masyarakat dan desa antara lain penataan desa, kerjasama desa, administrasi pemerintahan desa dan lembaga kemasyarakatan, lembaga adat dan masyarakat hukum adat, " paparnya.

Dikatakannya, dalam program tersebut perlu sinergitas kegiatan pada Program Penanggulangan Kemiskinan, Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan, Program Peningkatan Kerja dan Diversifikasi Usaha, Program Pengembangan Teknologi Tepat Guna, Program Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Partisipasi Masyarakat. 

"Misalnya pada kegiatan bidang Program Pembangunan Kawasan Perdesaan, ini penting kerjasama dalam peningkatan kapasitas dalam pembangunan tersebut, " ujarnya.

Tujuan dari Penyelenggaraan Rapat Sinkronisasi dan Sinergitas Program dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk memperkuat silaturahmi yang baik antara Dinas PMD Provinsi dan Kabupataten/Kota se-provinsi Banten. 

"Mempersamakan persepsi, sinkronisasi dan sinergitas Program dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa dan terwujudnya sharing informasi/kebijakan, dan dapat menggali permasalahan dan tantangan ke depan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas-tugas dibidang pemberdayaan masyarakat dan Desa di wilayah Banten, " kata Arif.

Hasil yang diharapkan, ucap Arif pada rapat sinkronisasi dan sinergitas program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa hari ini, dapat terciptanya kesamaan persepsi dan pandangan tentang Program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Terciptanya komitmen bersama dan sinergitas dalam percepatan pembangunan di Banten khususnya di tingkat Desa dan dapat meningkatnya pemahaman dalam menyusun program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, " harapannya.*** 

Asep Ucu SN

Asep Ucu SN

Previous Article

Danramil 0105 Mandalawangi Hadiri Serbuan...

Next Article

Rumah Yatim di Pandeglang Gelar Grand Launching...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Asep Ucu SN verified

Follow Us

Recommended Posts

Hotel Aston Serang Akan Dibangun, Ditlantas Polda Banten Analisis Dampak Lalin
Pengecoran Jembatan, Personil Polsek Baros  Polres Serang Kota Berlakukan Sistem Buka Tutup Jalur
Dirbinmas Polda Banten Hadiri Pelantikan Pengurus Karang Taruna Provinsi Banten
Ini Capaian Polda Banten dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Korupsi 2021
Pastikan Tahanan Sehat, Dittahti Polda Banten Tes Swab Antigen Tahanan