Panja Pupuk Bersubsidi dan Kartu Tani Komisi IV DPR RI Serap Aspirasi Para Petani di Mandalawangi Kabupaten Pandeglang

Panja Pupuk Bersubsidi dan Kartu Tani Komisi IV DPR RI Serap Aspirasi Para Petani di Mandalawangi Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG, - Kunjungan kerja anggota komisi IV DPR RI bertempat di BPP Pertanian Kp. Pasirkembang Desa Mandalawangi Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (24/9/2021).

Kunjungan kerja Tim Panitia Kerja (Panja) Komisi IV DPR RI membidangi pengawasan Pupuk Bersubsidi dan Kartu Tani di wilayah Kabupaten Pandeglang. 

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE dalam kesempatannya mengatakan kunjungan kerja dilakukan sebagai tindak lanjut dari rangkaian rapat Panitia Kerja (Panja) Pupuk Bersubsidi dan Kartu Tani Komisi IV DPR RI dengan pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Penggunaan pupuk selama ini di kalangan petani berlebihan dari rekomendasi yang diusulkan. Akibatnya, kelebihan ini menimbulkan sejumlah dampak negatif budidaya pertanian di sejumlah wilayah, maka dari itu kita lakukan perbaikan tata kelola pupuk subsidi terus dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait lainnya, yang berkaitan dengan pengawasan, " ujar Sudin

Dikatakannya, Perbaikan tata kelola pupuk bersubsidi ke depan bisa dilakukan sebaik-baiknya untuk mencapai efektivitas pemanfaatan pupuk bersubsidi dalam rangka peningkatan produksi pertanian.

"Pupuk subsidi dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para petani untuk mengembangkan budidaya pertanian mereka, " singkatnya.

Pemberian pupuk bersubsidi ini haruslah memenuhi enam prinsip utama yang sudah dicanangkan atau disebut 6T, yakni Tepat Jenis, Tepat Jumlah, Tepat Harga, Tepat Tempat, Tepat Waktu dan Tepat Mutu.

"Maka dari itu diharapkan para petani di wilayah kabupaten Pandeglang dapat memanfaatkan pupuk subsidi yang telah kita canangkan agar petani dapat lebih sejahtera dan dapat menunjang kebutuhan di wilayah atau kabupaten kotanya masing-masing, " pungkasnya

Pada kesempatan itu Bupati Pandeglang Hj Irna Narulita, SE MM mengapresiasi sekaligus menyampaikan bahwa geografis Kabupaten Pandeglang merupakan wilayah pegunungan dan pesisir yang mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan serta nelayan sehingga secara ekonomi untuk wilayah Pandeglang masih tertinggal dari daerah-daerah lainya khususnya di Provinsi Banten.

"Oleh karena itu merupakan pekerjaan rumah bagi kami untuk bisa menaikan taraf ekonomi dan kesejahteraan warga melalui bidang pertanian ini, " ungkap Irna.

Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah, SH, SIK, MH, menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya menerjunkan jajaran polres untuk pengamanan dan ketertiban saat acara berlangsung dan iring-iringan rombongan.

"Betul, kita sudah menerjunkan personil guna menjaga dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, " kata AKBP Belny.

Kapolres menambahkan, Untuk Personil yang diterjunkan sekitar 50 personil, meliputi kasie Propam, anggota Sat Sabhara, jajaran Polsek Mandalawangi dan Sat Intelkam Polres Pandeglang. Dan juga dibantu Satpol-PP dan TNI, " tutup Belny 

Turut hadri dalam kegiatan tersebut, 1. SUDIN, SE (Ketua Tim/Ketua Komisi IV Fraksi PDIP), 2. Ir. MINDO SIANIPAR (Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai PDIP), 3. Dr. Ir. Hj. ENDANG SETIAWATI. T, Dess. M.Sc (Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Gerindra), 4. Hj. NUR, AENI, S.Sos, M.Si (Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Demokrat), 5. BAMBANG PURWANTO, S.ST, MH (Anggota Komisi IV DPR RI dari Partai Demokrat), 6. Prof. Dr. Ir. BUSTANUL ARIPIN, M.Sc (Staf Ahli Kementrian Pertanian), 7. Prof. Dr. NURSAMSI, M.Si (Kepala Pusat Badan Penyuluhan SDM Kementrian Pertanian), 8. Dr. Ir. SUWANDI, M.Si (Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian), 9. Ir. GATUT SEMBOGOGMDJATI, M.M (Dirjen Pengelolaan dan Pemasaran hasil tanaman Pangan Kementrian Pertanian), 10. Hj. IRNA NARULITA, SE, M.M (Bupati Pandeglang), 11. Ir. H. AGUS M. TAUCHID, M.Si (Kadis Pertanian Prov, Banten dan jajarannya), 12. H. BUDI JANUARDI, S. Pt, MM (Kadis Pertanian Kab, Pandeglang dan jajaran), 13. MARSUDIN (Dirut PT. Pupuk Kujang Indonesia), 14. Forkopim Kec, Mandalawangi, 15. DUDI SUPRIYADI, S.Pt (Kepala BPP Kecamatan Mandalawangi) dan tamu undangan.*** 

Asep Ucu SN

Asep Ucu SN

Previous Article

Personel Polsek Mandalawangi Polres Pandeglang...

Next Article

Personel Polsek Cigeulis Polres Pandeglang...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Asep Ucu SN verified

Follow Us

Recommended Posts

Esok Dadan Saladin Dikukuhkan Sebagai Ketua IPSI Pandeglang
Alumni Akabri 89 Turun Tangan Bantu Percepatan Vaksinasi di Banten
Ketum PPBNI Satria Banten: Peran Penting Organisasi dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Satbrimob Polda Banten Amankan Pilkades Lebak
DKM Masjid Jami Nurul Iman Peringati Maulid Nabi dan Santuni Yatim